OM Pasikom

Oom_pasikom_2DENGAN tokoh kartun Oom Pasikom, kartunis GM Sudarta berkarya di Harian Kompas. Perjalanannya dimulai setelah harian terkemuka ini berusia dua tahun. Saya memang bukan orang tua yang menikmati cerita– cerita ini. Namun, tidak ada keraguan saya, menyatakan kartun ini adalah yang terbaik sepanjang yang saya tahu.

Sekarang, setiap minggu di Kompas, dapat ditemui beberapa tokoh komik Kompas yang cukup menggelitik. Benny and mice adalah diantaranya. Kadang, cerita-ceritanya amat garing dan membuat orang-orang (pembaca) tidak tergelitik, apalagi tersindir. Pemerintah dan artis yang menjadi objek, tentu tidak akan ambil pusing.

Berbeda dengan Oom Pasikom. Melalui tokoh inilah sang kartunis memotret wajah Indonesia dengan gaya humor.  Tidak salah, kalau Kompas tidak pernah meninggalkan si Om begitu saja. Beragam pagelarannya juga terus digelar di beberapa kesempatan.


Pernah, Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama  mengatakan, selama 40 tahun ini sosok Oom Pasikom memang sangat identik dengan Kompas. “Saya sendiri sering bingung, apakah Oom Pasikom yang mempengaruhi Kompas, atau Kompas yang banyak memperkaya Oom Pasikom,” kata Jakob.

Nah, kerinduan akan cara-cara elegan untuk menyampaikan kritikan ini memang sangat dirindukan. Tapi, apakah masih ada orang yang bisa melakukan itu. Tanpa tedeng aling-aling, tanpa maksud menyakiti, apalagi tanpa ingin mendapatkan sesuatu. Semoga masih ada!(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s