Pilkada Padang 23 Oktober

Menunggu Pemimpin Sejati

Jadwal Pilkada 2JADWAL pencoblosan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kota Padang, sudah ditetapkan Kamis 23 Oktober mendatang. KPU Kota Padang menetapkannya, menyusul digelarnya rapat pleno 5 orang anggota komisi independen itu 25 Mei lalu di sekretariatnya Jalan Palembang Asratek Ulak Karang. Ketua KPU Endang Mulyani SH menyebutkan, jadwal itu dimundurkan dari semula 15 Oktober, untuk mengakomodir calon perseorangan.

“KPU sengaja mengundur jadwal pencoblosan, untuk mengakomodir revisi terbatas UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Kalau tidak, percuma saja UU itu direvisi, karena calon perseorangan juga tidak akan masuk bursa. DPRD juga memberikan rekomendasi hari itu,” ujar Endang dalam keterangan persnya kepada wartawan, Rabu (28/5) di Jalan Proklamasi Padang didampingi Sekretaris KPU Dedy SH.

Endang menyebutkan, calon perseorangan di Kota Padang harus mengantongi minimal 4 persen dukungan dari jumlah penduduk. Ini seuai dengan revisi UU No 32/2004 yang menyaratkan 4 persen untuk kota yang berjumlah penduduk antara 35 ribu hingga 1 juta jiwa. Data terakhir, jumlah penduduk Kota Padang sesuai dengan badan catatan sipil mencapai 668.972 jiwa per 5 April 2008. Berarti dukungan mencapai 26759 orang.

“Dukungan 4 persen itu tidak hanya tersebar di beberapa kecamatan saja. Minimal, dukungan berasal dari 50 persen kecamatan yang ada di Kota Padang. Kalau ada 11 kecamatan, berarti 50 persennya 5,5 kecamatan atau dibulatkan  6 kecamatan. Ferivikasi dukungan dilakukan berjenjang. 14 hari di PPS (kelurahan), 7 hari di PPK (kecamatan) agar tidak ada dukungan ganda. Akhirnya, jumlah dukungan pastinya akan sampai di KPU Padang,” tukas Endang

Kata Endang, calon walikota harus menyerahkan bukti dukungan tersebut ke PPS (Panitia Pemungutan Suara) Kelurahan paling lambat 21 hari sebelum pendaftaran calon ke KPU 5-11 Juni. Artinya, pasangan calon perseorangan harus menyerahkan dokumen dukungan bakal calon dalam bentuk hardcopy dan soft copy ke KPU dan PPS.

“Setidaknya, ada ada 8 tahapan yang dilakukan untuk mendapatkan pemimpin Kota Padang yang baru ini. Jadi, kita meminta dukungan segala lapisan untuk mensukseskan Pilkada perdana ini,” tandas Endang yang menyatakan, pencalonan dari parpol masih sama dengan UU No 32 /24 yaitu untuk parpol dan gabungan parpol dengan suara minimal 5 persen.(***)

One thought on “Pilkada Padang 23 Oktober

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s