Polisi Harus Kawal Hasil UN

KOMISI D DPRD Kota Padang mengimbau semua pihak untuk mengantisipasi tindakan anarkis siswa yang menerima hasil ujian nasional (UN) hari ini. Mulai dari aksi coret-coret baju bagi yang lulus, hingga meluapkan aksi kekecewaan dengan brutal ke sekolah, perlu dihindari. Untuk itu pihak sekolah harus siaga penuh.

“Tidak hanya sekolah saja, orang tua juga diminta untuk mewanti-wanti anaknya untuk tidak berlaku anarkis. Sebaiknya, mereka diminta mengalihkan kegiatan kepada hal-hal yang lebih positif,” ujar Ketua Komisi D Sahbuddin BSW, Jumat (13/6) di gedung dewan. Komisi ini juga menggaungi bidang pendidikan.

Katanya, aksi coret-coretan itu sudah menjadi pemandangan biasa bahkan budaya tahunan di sekolah-sekolah dan di jalanan. Namun, kegiatan itu sangat rawan sebagai sarana memicu aksi tawuran dan kriminal lainnya. Pihak kepolisian diminta untuk siaga di setiap sekolah-sekolah tingkat SMA.


Orangtua, lanjut Syahbuddin, juga harus bisa memberikan pengertian dan pembelajaran yang baik kepada para siswa yang telah mengetahui hasil UN. “Jangan sampai, orangtua ikut-ikutan emosi, saat mengetahui hasil UN anaknya, apalagi sampai menyalahkan pihak sekolah,” kata Wakil Ketua DPC PBB Kota Padang ini.

Anggota Komisi D DPRD Kota Padang Zulherman Dt Bagindo Satu SPd MM melihat, pengumuman kelulusan melalui  sort message service (SMS), sangat baik. Karena, akan mengurangi interaksi negatif siswa di sekolah masing-masing. Kalau perlu, pengumuman tidak lagi ditempel di sekolah-sekolah.

Sekretaris DPC Partai Demokrat ini mengharapkan, kedepan pengumuman hasil UN, juga dapat di sebaiknya diantar ke rumah  siswa. Karena, kemungkinan beberapa hari sebelum pengumuman, bisa jadi pihak sekolah sebenarnya sudah mengetahui hasil tersebut.“Ini lebih baik, daripada ribut-ribut di jalanan,” ungkapnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s