Bagi Duit Ala DPRD Padang

Beralasan ingin menambah wasasan ilmu legislasi (kedewanan dan pemerintahan), 45 Anggota DPRD Kota Padang menghamburkan dana APBD lebih dari Rp 1,6 miliar pertahun. Dana itu digunakan untuk mengongkosi wakil rakyat itu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) ke berbagai daerah. Masing-masing anggota dewan yang tersebar dalam 6 fraksi itu, mendapat jatah 6 kali pertahun, di luar kunjungan kerja komisi, panitia anggaran dan panitia musyawarah.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Padang Drs Syafruddin Nur, Selasa (24/6) membenarkan,  kepergian anggota legislatif yang terpilih pada Pemilu 2004 lalu. Hari itu tercatat, 7 orang anggota dewan juga sedang mengikuti pelatihan peningkatan SDM di Jakarta. Dia menyebutkan, kebijakan tersebut tidak hanya dilakukan oleh DPRD Kota Padang, melainkan juga seluruh DPRD se Indonesia. Katanya, kegiatan ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.


Menurutnya, kegiatan itu didukung oleh APBD Kota Padang dengan penganggaran yang mengacu pada peraturan walikota (Perwako) No 2 Tahun 2008, tentang biaya perjalanan dinas Pejabat Pemko padang, termasuk DPRD. “Masing-masing anggota dewan, dapat mengambil dana SDM mereka sekali 2 bulan. Sekretariat dewan, hanya menerima laporan tentang kegiatan tersebut,” kata Mantan Asisten I Pemko Padang ini.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Drs Hermansyah yang dihubungi menjelaskan, para wakil rakyat itu biasanya pergi beberapa orang saja, tidak ada yang perkelompok sampai 10 orang. Sesuai Perwako No 2/2008, masing-masing anggota dewan minimal dapat mencairkan dana SDM, Rp 6-9 juta per kegiatan yang berlangsung di luar Sumatera Barat — kebanyakan di Jakarta, Bandung dan Medan. Dewan disamakan dengan Eselon II.

Contohnya, katanya, rincian pembayaran untuk kegiatan Peningkatan SDM Ke Jakarta. Masing-masing anggota dewan akan mengantongi dana tiket standar (Garuda) Rp 850 ribu (1,7 juta pulang pergi). Biaya Akomodasi (penginapan) Rp 400 ribu perhari selama 3 hari (Rp 1,2 juta), uang saku harian Rp 300 perhari (Rp 900 ribu), dan uang representatif Rp 500 ribu. Untuk kegiatan yang akan diikuti — semisal semintar, pelatihan atau lokakarya, harus menyetorkan uang ke panitia Rp 3 juta.

Jika ditotal, 1 kali kegiatan ke Jakarta, seorang anggota dewan dapat mencairkan dana Rp 7,3 juta. Kalau mereka mengambil ‘jatah belajar’ itu seluruhnya, dengan asumsi beberapa kali ke Medan, dengan biaya rata-rata Rp 6 juta, maka akan menghamburkan dana Rp 36 juta per anggota dewan, atau Rp 1,62 miliar. Dari pantauan, beberapa anggota dewan masih ada yang menggunakan dana yang telah diangarkan itu 1 atau 2 kali hingga Juni 2008 ini.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Z Panji Alam SH tidak menampik, adanya kegiatan yang menurutnya amat penting untuk mengimbangi perkembangan situasi secara nasional. Baik untuk pengetahuan politik pemerintahan, penganggaran dan UU lainnya. Namun, Ketua DPD Golkar ini mengatakan, kegiatan ini sudah merupakan kesepakatan bersama diantara anggota DPRD dengan ketentuan yang berlaku.

“Kenapa harus pergi ke luar, karena di Sumbar ini, tidak ada satupun lembaga yang mengdakan pelatihan, workshop dan sosialiasi UU terbaru. Kalau ada, tentu kami tidak akan pergi jauh-jauh ke luar daerah. Jadi, kedepan, kita berharap ada Perguruan Tinggi (PT) yang mengadakan acara yang sejenis,” lanjut Panji Alam lagi.

Katanya, DPRD Kota Padang juga tidak dapat mengadakan acara sejenis di Kota Padang, karena tidak memiliki izin dan kapasitas. Jadi, kedepan, dia berharap PT mau membuka jalan untuk kegiatan yang sama. “Paling tidak, kita dapat menghemat dana APBD Kota Padang. Atau malah, kalau mampu menarik DPRD dari Kota/kab lain, dapat menjadi pemasukan lain untuk kota ini,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s