Rumah Ketua DPRD Padang Rp 5 miliar

Gantikan Rumah di Belakang Kandang Ternak

Calon rumah ketua dprd padangRUMAH Dinas Ketua DPRD Kota Padang di belakang Kantor Dinas Peternakan Sumbar Jalan Rasuna Said, bakal segera ditinggalkan. Tidak lama lagi, ketua dewan yang sedang dijabat Hadison SSi APt itu, bakal pindah ke Jalan Kartini, persis di belakang Rumah Dinas Ketua DPRD Sumbar. Rumah mewah super wah itu, juga tidak jauh dari rumahnya Walikota Padang di Jalan A Yani.

Pada APBD 2008, pengadaan tanah dan rumah itu, telah dianggarkan Rp 5 miliar. Saat ini, kedua belah pihak — pemilik rumah dan Pemko Padang, masih melakukan tawar-menawar untuk mencapai kesepakatan harga. Kepala Bagian Pertahanan Pemko Padang Fatyuddin SH mengatakan, pertengahan Juli, rumah itu sudah siap ditempati ketua DPRD, karena pemilik sudah menyiratkan Lampu Hijau.


“Dalam APBD 2008 memang, pengadaan tanah dan rumah ketua DPRD telah dianggarkan sebesar Rp 5 miliar. Tentunya, kita akan mengusahakan anggaran itu tidak harus ditambah lagi pada APBD Perubahan 2008. Jadi, kalau bisa di bawah harga itu,” kata Fatyuddin, Rabu (25/6) dihubungi melalui teleponnya.

Kata Fatyuddin, permintaan pengadaan rumah untuk ketua dewan itu, sudah dibahas sejak Tahun 2006 lalu. Namun, karena berbagai kendala penganggaran dan pertimbangan prioritas anggaran, pengadaannya baru dapat dilakukan 2008. “Kita lihat saja, semoga ini selesai, sebelum masa anggaran habis,” kata Fatyuddin.

Untuk memastikan, apakah rumah tersebut memiliki kecocokan dengan harga yang ditawarkan, Bagian Pertanahan juga berkoordinasi dengan Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil). “Kata Kimpraswil, rumah itu laik ditempati, persoalan harga, kita masih melakukan kesepakatan,” lanjutnya lagi

Sumber dari keluarga pemilik rumah di Jalan Kartini menyebutkan, kesepakatan antara kedua belah pihak benar-benar hampir finis. Keduanya telah hampir menyepakati harga Rp 4,6 miliar untuk rumah tersebut. Rumah yang dibangun tahun 2005 itu, adalah opsi terakhir, dari beberapa lahan yang ditawarkan.

“Dengan harga itu, sebenarnya melihat fasilitas, luas, dan lokasi memang tidak pas. Harga sebenarnya jauh di atas itu. Jadi, karena ini untuk Pemko Padang, kita bersedia menyerahkannya. Kemungkinan, dalam beberapa minggu lagi, negosiasi selesai,” kata sumber yang enggan disebutkan namanya.

Kondisi rumah dinas Ketua DPRD Kota Padang saat ini terlihat sangat memiriskan. Selain kondisinya yang tidak lagi laik pakai, lokasi yang digunakan itu juga tidak beda jauh dengan Kantor Dinas Peternakan, yang di sekitarnya juga terdapat beberapa kandang percontohan. Sementara, kondisi rumah yang ‘dibidik’ sangat jauh berbeda.

Ketua DPRD Kota Padang Hadison SSi Apt mengaku belum mengetahui, kalau rumah yang diperuntukkan baginya itu telah memasuki tahap akhir transaksi. Politi PKS itu mengatakan, seluruhnya diserahkan kepada Eksekutif untuk melakukan pencarian lahan dan pembangunan rumah. Sedangkan, DPRD Kota Padang tidak ikut campur dalam urusan itu.

“Saya belum dapat kabar, kalau rumah itu mau selesai proses pembayarannya. Seminggu lalu, saya memang dapat kabar dan langsung menanyakannya ke Bagian Pertanahan Pemko. Saya cuma memberi pesan, lakukan kajian dulu, sebelum memutuskan rumah yang dituju,” kata Hadison yang dihubungi melalui ponselnya.

Menurutnya, persoalan rumah ketua dewan itu, sudah diatur dalam PP No 7 Tahun 2006, baik luas dan standarnya. Jadi, penerapan, apakah rumah yang baru itu sesuai atau tidak, harus mengacu pada peraturan itu. “Nah, kalau kajian itu sudah dilakukan dan saya juga melihat hasilnya, baru kita putuskan membayar atau tidak untuk rumah itu,” lanjut mantan Ketua DPD PKS Kota Padang itu.

Apakah rumah sekarang tidak laik lagi? Hadison menjawab singkat, sebaiknya kajian itu dilakukan dulu, baru dapat diketahui. Katanya, persoalan laik atau tidak itu, relatif, jadi hasil kajian pihak berwenanglah yang dapat memastikan. Kimpraswil, dapat menjadi satu lembaga yang menilai.

“Rumah itu memang sudah sekian kali untuk diperbaiki, jadi kondisinya bisa dilihat sendiri. Sudah banyak bocor di sana-sini, karena umurnya yang sudah lumayan. Selanjutnya, bagaimana tim penilai melihat kondisinya saja,” tambah Hadison lagi.(*)

One thought on “Rumah Ketua DPRD Padang Rp 5 miliar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s