Calon Independen Berkoalisi

Sulitnya Mendapatkan Dukungan

SEMAKIN dekatnya batas waktu penyerahan dokumen dukungan calon perseorangan yang akan maju pada Pilkada Kota Padang, membuat para calon kian giat mengumpulkan dukungan. Sapa seperti ‘trik’ partai politik untuk mengumpulkan perolehan suara minimal 15 persen suara, calon perseorangan juga melakukan koalisi. Ini dilakukan oleh para kandidat yang masih berjuang sendiri.

Budayawan Rizal Tanjung yang jauh-jauh hari telah memulai perjalanan mengumpulkan dukungan dalam bentuk KTP, KTP Sementara (resi), Kartu Keluarga, Paspor atau surat keterangan domisili yang dikeluarkan keluarahan/kecamatan mengakui hal itu. Katanya, hingga 28 Juni, dia bersama tim suksesnya masih berkutat di angka 11.000 dukungan dari 27.000 dukungan minimal yang disyaratkan untuk Kota Padang.

Sulitnya mengumpulkan dukungan 4 persen dari jumlah penduduk Padang yang mencapai 670.000 jiwa itu, membuat Seniman Teater dan Dewan Kesenian Sumatera Barat itu, kemungkinan besar akan melakukan koalisi dengan calon lain. Katanya, beberapa nama sudah menyatakan bersedia bergabung bersama Rizal untuk maju dalam pilkada perdana kota bingkuang ini.

“Tanggal 4 Juli, rangkaian itu sudah di mulai, dan saya mengakui, sangat sulit mendapatkan dukungan seperti yang disyaratkan UU No 12 Tahun 2008 yang mengakomodir calon perseorangan ini. Karena itu, kemungkinan untuk berkoalisi, akan saya tempuh di akhir-akhir masa penutupan pendaftaran. Ini tekad saya, untuk membuat perubahan di kota ini,” kata Rizal Tanjung yang juga aktif sebagai Kepala Seksi Sosial dan Budaya Ormas Pemuda Pancasila (PP) Kota Padang ini.

Katanya, ada keraguan mengambil KTP atau dukungan dari seseorang yang belum atau tidak terlalu dikenal. Banyaknya calon perseorangan, membuatnya harus lebih berhati-hati untuk mendapatkan syarat itu. Jangan sampai, dukungan yang didapat itu, juga sudah diberikan kepada orang lain, yang hasilnya akan mengganggu perhitungan oleh PPS (panitia pemungutas suara) kelurahan dan panitia pemungutan kecamatan (PPK).

“Kan percuma, kalau saya dapat dukungan banyak sekarang. Tapi, ketika diverifikasi faktual, suara itu menciut dan menggagalkan saya. Karena itu, dukungan harus diambil dari orang-orang yang benar-benar mendukung saya dan mengerti, serta menginginkan saya memimpin. Selain itu, dukungan partai politik, juga saya harapkan,” kata Pentolan Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) ini tegas.

Beberapa nama yang dibidik Rizal Tanjung untuk diajak berkoalisi adalah Bagindo Ambo yang menurutnya sudah mengumpulkan dukungan lebih dari 10 ribu. Bagindo Ambo sendiri, katanya sudah memberikan signal setuju, tapi proses masih berjalan. Selain itu, nama Syamsuarsam yang juga masih berjuang sendiri, mulai dilirik. Mantan TNI yang disebutkan sudah mengantongi hampi 20 ribu dukungan itu, menurutnya cukup baik.

Beberapa nama calon perseorangan memang berjuang seorang– dalam arti belum memiliki pendamping. Namun, calon lain juga sudah ada yang menyatakan maju secara berpasangan. Sejauh ini, baru IMAM (Ibrahim dan Murlis Muhammad) dan Mudrika Dahnil Aswat (MUDA) yang menyatakan melengkapi dukungan 27 ribu. Pasangan lain, Gusti Randa dan Rizal Moenir, juga masih belum memperoleh kepastian dukungan.

Ketua KPUD Kota Padang Endang Mulyani SH menyebutkan, bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah perseorangan harus menyerahkan dukungan calon perseorangan untuk diverifikasi KPU Kota Padang dan PPS se Kota Padang sesuai dengan domisili dari tanggal 4-10 Juli 2008.

“Dukungan itu juga harus tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan di Kota Padang (6 kecamatan). Setelah melengkapi syarat 4 persen dari 668.972 jiwa penduduk, atau 26.759, calon perseorangan itu sudah dapat mengambil formulir pencalonan kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2008 ke KPU,” kata Endang.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s