Pungutan Sekolah = Korupsi

BADAN Anti korupsi Sumatra Barat (BAKo) Sumbar mengindikasikan, pemungutan uang pada penerimaan siswa baru (PSB) sebagai tindakan korupsi. Karena itu, badan independen ini sangat getol mengumpulkan data pungutan. Ada tiga hal yan membuat BAKo menyatakan pungutan sama dengan korupsi. Yaitu tidak adanya transparansi dana, tidak akuntabilitas dan tidak melibatkan masyarakat luas.

Senin (14/7) BAKo Sumbar menyerahkan data-data temuan mereka ke Komisi D DPRD Kota Padang yang langsung diterima ketuanya Sahbuddin BSW. Menurut Ketua Divisi Advokasi Pelayanan Publik BAKo Sumbar Yunasti Helmi, BAKo juga akan menyampaikan data yang sama kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang. Pungutan itu, katanya, juga tidak dilandasi payung hukum yang jelas.

Dari keterangan BAKo Sumbar itu, dapat dikatakan seluruh kepala sekolah yang memungut uang masuk itu adalah pelaku korupsi. Dari data yang disampaikan BAKo Sumbar itu, tercatat seluruh SMA di Kota Padang yang berjumlah 16 sekolah melakukan pungutan uang masuk sekolah. BAKo menyayangkan, Dinas Pendidikan sebagai pimpinan tidak mampu mengontrol pungutan yang sangat memberatkan itu.

“Kami akan terus mengusut tuntas kasus ini,” kata Yunasti yang sempat melakukan audiendi dengan Komisi D. Ketua Komisi D dan jajarannya mengatakan, dalam waktu dekat mereka akan memanggil sekolah-sekolah yang memberlakukan pungutan berlebihan kepada siswa barunya.

BAKo juga menyimpulkan, pungutan pada PSB itu juga sebagai pelanggaran HAM yang berat. Kata Yunasti, banyak siswa yang terpaksa tidak melakukan pendaftaran ulang, karena tidak mampu membayar uang jutaan untuk masuk ke sekolah. “Kami segera melakukan hearing dengan Komnas HAM Sumbar,” tegas Yunasti.(rvi)

Tags:

2 thoughts on “Pungutan Sekolah = Korupsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s