Harga Kursi DPRD Padang

Yang Mau Maju Silahkan Itung Sendiri

GrafisPEMILU 2009 masih menyisakan waktu 8 bulan lagi. Namun hitung-hitungan kekuatan telah dimulai dari sekarang. Perjalanan kampanye panjang, harus dilakukan oleh 34 partai politik (Parpol). Sebuah pertanyaan, berapakah “harga” satu kursi legislatif. Meski belum dapat memastikan, berapa harga kursi, KPU Kota Padang sudah menyiratkan angka-angkanya.

Dari hasil pendataaan daftar pemilih sementara (PDS) di KPU Kota Padang, harga kursi sudah dapat diperkirakan. Anggota KPU Kota Padang Yuliwan Rajo Ameh menegaskan, meski DPS ataupun DPT telah ditetapkan, ‘harga’ kursi belum dapat disebutkan. “Harga kursi atapun BPP (bilangan pembagi pemilih), baru diketahui setelah penghitungan suara sah,” katanya.

Anggota KPU lainnya, Ir Yosrizal Effendi menyebutkan, DPT Pilkada Kota Padang dapat dijadikan sebagai DPS Pemilu 2009, total pemilih 539.246. Dari perhitungan sendiri yang saya lakukan, harga kursi termhal (BPP) terdapat di Daerah Pemilihan (Dapil) II Kecamatan Koto Tangah dan Nanggalo. Untuk satu kursi, diperlukan suara 12.751,63. Ini didapat dengan membagi jumlah kursi dan pemilih yang terdaftar.

Di Koto Tangah terdapat pemilih 103.180 dan Nanggalo 37.268 atau total 140.268 pemilih. Sedangkan, kursi di Dapil II ini berjumlah 11 kursi — juga terbanyak dari 5 Dapil di Kota Padang. “Harga” kursi terendah berada pada Dapil I Padang Barat dan Padang Utara, yaitu 11.335.28. Dengan angka itu, para calon anggota legislatif (Caleg) sudah dapat memperhitungkan kekuatannya. (selengkapnya lihat tabel)

Yuliwan menambahkan, sesuai Peraturan KPU No 19 Tahun 2008, setelah menentukan BPP, maka didapat siapa yang berhak melaju ke DPRD Kota Padang. Yang mendapatkan 100 persen BPP langsung mendapatkan 1 kursi, tanpa melihat nomor urut. “Begitu juga dengan Caleg pemegang suara 30 persen BPP,” katanya.

Ada kemungkinan pemegang BPP yang mendapatkan suara lebih dari 30 persen BPP melebihi jumlah kursi Dapil. Kalau terjadi, maka pemegang nomor urut kecil, akan melaju ke DPRD.  Setelah penghitungan suara melalui BPP selesai, baru dilihat siapa yang mendapatkan suara terbanyak dan menjadi anggota DPRD menurut nomor Urut.

Yosrizal menambahkan, hingga September mendatang, PPDP (petugas pemutakhiran data pemilih) masih melakukan finishing (penyelesaian) DPT Pemilu 2009. “KPU Kota Padang kemungkinan akan menempatkan TPS lebih dari 1500 di 11 kecamatan. Untuk mengusahakan 1 TPS tidak melebihi 500 orang,” tandasnya.(*)