Dua Anggota DPRD Padang KO

Lebaran Tak Jadi Anggota Dewan

Syafrizal dan Kasman SofyanDPRD Kota Padang telah menerima Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar tentang pergantian antar waktu (PAW) dua anggota Fraksi PAN. Dalam waktu dekat, menurut Ketua DPRD Kota Padang Hadison SSi Apt, pimpinan dewan akan mengadakan rapat untuk menjadwalkan proses pergantian itu. PAW akan “dieksekusi” dengan sidang paripurna istimewa.
 
“Sekretaris DPRD (Sekwan) telah menerima surat itu kamis 28 Agustus kemarin. Jadi, kita akan memprosesnya segera,” kata Hadison yang ditemui Senin (1/9) di ruang kerjanya. “DPRD Padang tidak pernah mengulur-ulur waktu PAW, kalau persyaratannya lengkap. Sama halnya dengan pergatian Fraksi Partai Golkar tahun lalu (Basran Basyir ke Jamasri Tanjung, red).”


Dua Anggota F-PAN yang akan diganti itu adalah, Wakil Ketua Komisi A Kasman Sofyan SAg. Anggota dewan nomor urut dua (Pemilu 2004) dari daerah pemilihan (Dapil) II Nanggalo dan Koto Tangah itu, sesuai SK Gubernur Sumbar No No 171-280-2008 tertanggal 20 Agustus 2008 itu akan digantikan oleh Hendra Dupa yang masih tercatat sebagai Wartawan Haluan Padang. Hendra sendiri bukanlah nomor urut 3.

Anggota KPU Padang Ir Yosrizal Effendi menyebutkan, setelah surat PAW diterima KPU dari DPRD, mereka kembali memeriksa berkas hasil Pemilu 2004. Pada nomor urut 3 di Dapil II diisi oleh Irman SAg (mantan Sekretaris DPD PAN). Saat ini, dia  berstatus PNS Depertemen Agama (Depag) dan otomatis keluar dari PAN dan proses Pencalegan. “Jadi, kita naikkan yang nomor urut 4,” sebutnya di kantor KPU.

Sementara Anggota FPAN lainnya, Anggota Komisi C Syafrizal Gazali yang melaju ke dewan dari Dapil IV (Padang Timur, Padang Selatan dan Bunguih Taluak Kabuang), sesuai dengan SK Gubernur Sumbar No 171-279-2008 akan digantikan Raizul Mailis Dt Rajo Nando. Mereka adalah para caleg dengan nomor urut 2 dan 3 di bawah Ketua Fraksi PAN Irdamsyah Nazar.

Hadison menambahkan, meski sekarang kedua Anggota F-PAN itu melakukan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN) Padang dengan salah satu tergugatnya DPRD Padang, proses PAW tetap dilakukan. Berbeda, jika yang melakukan keberatan itu unsur Partai, seperti DPW PAN dan DPP PAN.

“Gugatan ataupun keberatan itu atas nama pribadi masing-masing. Jadi, tidak akan menghambat prosesnya,” kata Hadison yang menyebut dewan hanya sebagai corong untuk melaksanakan proses sesuai UU No 25/2000 tentang Penyusunan Tata Tertib DPRD. Hadison memperkirakan, September 2008 ini, seluruh proses PAW dilaksanakan.

Sekretaris DPD PAN Kota Padang Masrul yang dihubungi kemarin menyebutkan, PAN telah menempuh proses PAW kedua mantan kadernya itu dengan benar. “Jadi, sekarang kami hanya meminta, DPRD cepat melakukan proses ini. Jangan ada kesan, terjadi penundaan-penundaan PAW,” pugkasnya yang belum bersedia menyebutkan alasan konkret PAW.

Sedikit mengulas kembali proses yang cukup panjang ini, Hadison menyebut bermula dari surat DPD PAN Padang 24 Januari 2008 tentang PAW ke – 4 orang tersebut ke DPRD Padang. Selanjutnya, rapat pimpinan (Rapim) DPRD Padang 12 Febuari yang memutuskan untuk meneruskan surat ke KPU Padang, untuk melakukan verifikasi berkas. 26 Febuari, KPU kembali meminta kelengkapan berkas dari PAN.

“Setelah menyelesaikan verifikasi ulang, 10 Juli DPRD Padang menembuskan surat itu ke Walikota Padang Fauzi Bahar. Nah, selanjutnya urusan walikota yang menyampaikan surat itu ke Gubernur Sumbar H Gamawan Fauzi. Pada 18 Juli, DPRD menerima surat tembusan Kesbanglimnas Sumbar ke DPD PAN tentan PAW,” lanjutnya yang menyebutkan, Gubernur mengeluakan dua surat keputusan pada 20 Agustus dan diterima DPRD 28 Agustus lalu.(*)

2 thoughts on “Dua Anggota DPRD Padang KO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s