Kenaikan BBM Tak Pengaruhi Inflasi

PasarKEPALA Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar Ir Muchsin Ayub terkaget dengan data perkembangan indeks harga atau inflasi Kota Padang selama Agustus 2008. Setelah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) Mei, banyak pengamat menilai tingkat inflasi akan meningkat. Kenyataannya, inflasi Agustus hanya 0,15 persen dari 0,51 persen secara nasional..

“BPS memang kaget, tapi setelah ditelisik lebih dalam, tenyata selama Agustus, pasokan barang ke Sumbar dalam keadaan aman,” ujar Muchsin, Senin (1/9) saat memberikan berita resmi statistik (BRS) kepada wartawan. “Ternyata, kalau pemerintah mau menjaga keseimbangan suplay (penawaran) dan demand (permintaan), harga dapat distabilkan.”

Namun, setelah menghitung total inflasi dari Januari-Agustus, Muchsin menganalisa, total inflasi Sumbar selama 2008 akan melebihi prediksi inflasi secara nasional — sebesar 12,5 persen. “Hingga sekarang (Januari-Agustus) saja inflasi sumbar sudah mencapai 9,99 persen. Dengan waktu yang tersisa empat bulan lagi kemungkinan di atas angka prediksi nasilnal sangat tinggi,” katanya lagi.

Dari 66 kota yang dihitung tingkat inflasinya di Indonesia, nilai inflasi Agustus di Kota Padang tergolong rendah. Hampir seluruh kota mengalami inflasi. Kecuali Kendari, Banjarmasin, Padang Sidempuan, Medan, Banda Aceh dan Kupang. “Inflasi tertinggi terjadi di Mamuju yaitu 3,21 persen dan terendah terjadi di Pematan Siantar (0,02 persen),” tukas Muchsin.

Kenaikan indeks harga di Kota Padang terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh kenaikan indeks pada kelompok makanan 0,43 persen ; kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,05 persen ; kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,04 persen ; kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga 1,30 persen dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan 0,01 persen.

“Sedangkan kelompok yang mengalami penurunan indeks, adalah kelompok sandang 1,14 persen dan kelompok kesehatan 0,03 persen,” pungkas Muchsin di kantornya Jalan Khatib Sulaiman Padang seraya menyebutkan laju inflasi ‘year on year’ (Agusutus 2008 terhadap Agustus 2007 ) sebesar 13,45 persen.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s