20 Perempuan Utama

Tabel WanitaDAERAH pemilihan (Dapil) Padang V (Lubuak Bagaluang dan Lubuak Kilangan) akan menjadi “lahan” pertarungan ketat bagi calon anggota legislatif (Caleg) perempuan. Lima orang perempuan berada di nomor urut pertama. Mereka adalah Jenita SH (PKPI), Hj Erawati (PAN), Rahayu Purwanti (PKS), Lina Sagita (PKB) dan Ramayulis (Pakar Pangan).

Secara keseluruhan, dari 877 Bacaleg dengan peluang 185 orang dapat berada di nomor urut satu — atau 5 Dapil dengan 37 Parpol, total perempuan yang menempati nomor urut 1 hanya 20 orang saja. Dari 5 Anggota DPRD Padang yang perempuan, hanya PKS yang menempatkan mereka di nomor urut pertama. Selebihnya beragam. Ada yang di nomor 3 dan tidak maju lagi.

Selanjutnya Anggota Komisi A Dra Yasnida Syamsuddin MM dari PBB hanya menempati nomor urut 3 di Dapil IV (Padang Timur, Padang Selatan dan Bunguih Taluak Kabuang) dan Dra Nurmaini Jamar dari PAN juga di nomor urut 3 di Dapil III (Kuranji dan Pauah). Pun demikian, PBB tetap memiliki seorang perempuan di nomor urut pertama, yaitu bendahara DPC PBB Padang Nurhayatis.


Sedangkan Erni ZN (PDI P) dan Siti Zakiah (PKS) tidak lagi maju pada Pemilu 2009 mendatang, karena alasan yang telah disampaikan ke Partainya masing-masing. Seorang lagi, Nurna Eva Karmila BSc (PKS) diamanahkan partainya menuju DPRD Sumbar dari Dapil Sumbar I (Padang dan Mentawai). Istri Marfendi ini hanya menempati nomor urut 6.

Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi dua partai yang mengajukan dua orang Bacaleg perempuan di nomor urut pertama. Mereka adalah Hj Desi Gusfiani, Jenita SH (PKPI) dan Salmah Apen, Hj Erawati (PAN). “Kami menempatkan perempuan, karena kualitas mereka yang memang kuat,” kata Ketua Dewan Pimpinan Kota (DPK) PKPI Padang Nofrizal SH.

Ketua Pokja Pencalegan KPU Padang Yuliwan Rajo Ameh menyebutkan, secara keseluruhan 37 Parpol yang menyerahkan berkasnya ke KPU Padang sudah melengkapi kuota perempuan 30 persen. “Setelah masa perbaikan, banyak bermunculan Bacaleg perempuan yang baru. Kami mencatat sebanyak 62 orang,” tandas Yuliwan.

Selain itu, katanya, juga ada dua orang perempuan yang dinaikkan nomor urutnya menjadi nomor urut kecil dari PBB di Dapil II. “Mereka adalah Meiliza yang semula di nomor 5 jadi no 3 dan Annika Maizeli, dari 7 jadi 6,” lanjut Yuliwan yang masih terus melakukan verifikasi berkas caleg untuk perorangan. “Verifikasi Parpol telah selesai. Sekarang, kita teliti berkas satu persatu.”(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s