Mencintai Liga Super

Jak ManiaHARUS dibuka dengan sebuah tawa …. ha ha ha ha. Karena, tidak biasanya saya menyukai sebuah pertandingan sepakbola lokal. Saya menikmati sepakbola Indonesia, tanpa dapat melihat tim dari kota saya — PSP Padang dan PS Semen Padang. Mereka ada yang tidak terdegradasi dan ada yang naik ke Divisi utama. Kenyataannya, itu adalah kasta kedua di persepakbolaan Indonesia.

Persija Jakarta benar-benar terlalu tangguh bagi PSIS Semarang. Bagaimana tidak, 5–0 (0–0) dikukuhkan pada pertandingan yang berlangsung di Gelora Bung Karno Jakarta. Ah, Bambang Pamungkas (BP) malah bikin hatrick. Selamat ya. Yang saya sukai, permainan ILS (Indonesia Leangue Super) sudah mendekati permainan — setidaknya J Leangue di Jepang.

Permainan cantik dengan bola-bola pendek sudah mulai diperagakan. Pun demikian, saat saya meliat permainan Persib, Persipura, Persiwa dan beberapa klub lainnya. Persija di bawah asuhan Danurwindo memang layak dijagokan sebagai kandidat juara. Kelengkapan pemain dengan muka-muka Indonesia asli mendominasi. Berbeda dengan klub lain yang nyawanya digantungkan pada pemain asing.

Tapi, apa yang sebenarnya terjadi dengan Indonesia. Kenapa ada Liga Utama tidak pada posisi yang utama. Patut kita pertanyakan. Apa beda utama dengan super. Apakah super lebih hebat dari utama? Tentunya tidak. Kalo boleh usul, kenapa liga utama tidak diganti saja dengan nama yang lain. Kasihan orang di kota saya (Padang) main di liga utama, eh malah tidak dilihat secara nasional. Brafo sepakbola Indonesia.(*)

One thought on “Mencintai Liga Super

  1. shrus nya BLI mnrun kan persipura ke divisi satu………
    sebab persipura pemain nya bermain curang,
    msa ketika melawan persema malang, ortisan salosa main pukul m.kamry trmsuk gerradt pangkali…………..

    kalau gak…………. pssi melarang nya main di indonesia………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s