Kampanye Dijadwal

Untitled-1SELAIN hari pencoblosan, kampanye adalah saat yang paling kritis pada sebuah proses demokrasi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang, harus hati-hati menyusun jadwal, agar tidak terjadi gejolak di tengah-tengah pendukung dan masyarakat. Hingga hari ini, kata Ketua Divisi Kampanye KPU Padang, jadwal kampanye masih disusun, meksi tanggalnya telah dipatsikan 6-19 Oktober.

“Kita targetkan, awal Oktober jadwal yang menentukan, siapa dan dimana kampanye akan selesai,” kada Daniel, Selasa (9/9) di kantor KPU Padang Jalan Asratek Ulak Karang. Menurutnya, karena ada satu pasangan yang mengundurkan diri, KPU terpaksa merombak draft yang telah ada. “Dulu kan 6 pasang, sekarang tinggal 5. Jadi, harus disesuaikan.”

Tidak ingin main sendiri, ke 6 pasangan calon kepala daerah yang telah mendapatkan nomor urut itu, turut dilibatkan KPU untuk menentukan jadwal kampanye. KPU mengaku tidak ingin, pasangan calon mempermasalahkan jadwal yang telah mereka buat bersama. “Kalau masih ada yang keberatan, tentu keterlaluan,” sambungnya.


Untuk proses kampanye, kata Daniel, sesuai UU No 12 Tahun 2008, akan diawali dengan  penyampaian visi dan misi pasangan pada paripurna DPRD Kota Padang tanggal 6 Oktober. Setiap pasanga akan diberikan kesempatan yang sama. Kampanye juga diatur dalam Peraturan KPU No 15 tahun 2008 tentang tata cara pemilihan kepala dan wakil kepala daerah.

Lokasi yang akan digunakan untuk kampanye dibagi atas lokasi terbuka dan tertutup. Untuk lokasi terbuka, diperbolehkan dilakukan di lapangan milik pemerintah, individual atau institusi. Rumah ibadah dilarang untuk ajang kampanye. Syaratnya, masing-masing pasangan harus melampirkan surat izin melakukan kampanye dari kepolisian dan pemilik tempat.

Beberapa lokasi kampanye dicontohkannya adalah, Lapangan Imam Bonjol, GOR H Agus Salim, Danau Chimpago, Lapangan Batang Arau, Lapangan di kawasan Cengkeh, Lapangan KAN Kuranji, Lapangan PT Semen Padang , Lapangan PJKA, Lapangan Binuang Kampung Dalam, serta lapangan Kurao Pagang. “Untuk kampanye tertutup, boleh dilakukan di berbagai gedung pemerintah,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s