Ambisi PKS Kuasai Padang

Logo PKSPARTAI Keadilan Sejahtera (PKS) menargetkan “menguasai” Kota Padang hingga 2009 mendatang. Ketua DPD PKS Kota Padang Budiman SAg Dt Malano Garang menyebutkan, setelah sukses memenangkan Pemilu 2004, target selanjutnya sudah dirancang. Pertama, partai dakwah itu akan mengejar kemenangan lebih dari 50 persen suara pada Pilkada Kota Padang 23 Oktober 2008.

“Dengan pasangan yang diusung dan militannya kader dan simpatisan, PKS optimis mampu meraih kemenangan mutlak pada Pilkada. Selanjutnya, PKS akan kembali memenangkan Pemilu 2009, dengan perolehan suara lebih dari 50 persen,” ujar Budiman disela-sela acara pembekalan terhadap bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Padang dan Dapil I DPRD Sumbar (Padang dan Mentawai) Sabtu (13/9) di Gedung Kopertis X Alai Padang.


Seperti diketahui, untuk Pilkada Kota Padang, PKS melakukan koalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Pasangan yang diusung adalah Ketua DPD PAN Padang Drs H Fauzi Bahar MSi dan Ketua MPW DW PKS Sumbar H Mahyeldi Ansharullah SP. Sedangkan untuk Pemilu 2009, PKS telah memasang 54 orang Bacaleg di 5 daerah pemilihan (Dapil) DPRD Padang. “Kami juga memasukkan nama-nama tokoh masyarakat dan tokoh agama di pencalegan,” ujar Budiman.

Untuk mencapai target itu, kata Budiman, PKS Padang sudah melakukan persiapan sejak keikutsertaan Pemilu perdana tahun 1999 silam — dengan nama Partai Keadilan (PK) yang dipimpin H Marfendi. Langkah-langkah yang diterapkan, kata Budiman adalah dengan melakukan konsolidasi struktural (pengurus), mulai dari tingkat DPRa (ranting/kelurahan), DPC (cabang/kecamatan) dan DPD Padang.

“Dengan 104 DPRa, 11 DPC, 1 DPD, PKS telah memiliki kader yang sangat besar di tengah-tengah masyarakat. Mereka diharapkan mampu menjadi pelayan masyarakat dan memperjuangkan aspirasi mereka,” kata Budiman yang juga Anggota DPRD Padang. “Mereka juga diminta membangun ketokohan di tengah-tengah masyarakat.”

Kedua, lanjut Budiman, menggerakkan seluruh kader agar mamu menjadi penyejuk dan tokoh di tengah-tengah masyarakat. Mereka harus menunjukkan kepedulian serta tetap profesional. “Terakhir, optimalisasi peran Anggota Legislatif dan Bacaleg yang tersebar di seluruh kelurahan,” kata Budiman yang bakal maju sebagai Caleg DPRD Padang Dapil Padang IV (Padang Timur, Padang Selatan dan Bunguhi Taluak Kabuang) Nomor Urut 1.

Secara logika politik, meraih 50 persen suara di Pilkada dan Pemilu 2009, menurut Budiman memang belum masuk akal atau sulit. Namun, dengan perjuangan, keyakinan, pembuktian dan pertolongan Allah, mereka yakin mampu mewujudkannya. “Kita sudah melakukan pemetaan kekuatan sampai ke suara per TPS (tempat pemungutan suara). Beberapa Bacaleg juga sudah mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan,” katanya.

Meski bertambahnya jumlah partai politik (Parpol) dan otomatis juga Bacaleg, Budiman yakin hal itu tidak akan mengganggu target PKS. Apalagi, PKS sudah benar-benar mengakomodir keterwakilan perempuan hingga 35 persen. “Dalam UU NO 10 Tahun 2008 dikatakan minimal 30 persen, tapi PKS mampu melewatinya,” pungkas Budiman.

Bisa dibayangkan, ketikan target ini benar-benar tercapai — memenangkan Pilkada dan 50 persen suara Pemilu atau 23 Kursi dari 45 Kursi DPRD Padang, maka PKS akan menguasi Kota Padang. Saat ini, PKS baru menguasi 11 kursi dengan perolehan suara 24 persen pada Pemilu 2004. “PKS bisa berbuat secara bersih dan profesional, kalau ada dukungan dari masyarakat,” lanjutnya.

Bacaleg Dibekali

Untuk mendapatkan seluruhnya itu, PKS secara berkala mengadakan pelatihan dan pembekalan terhadap para Bacaleg. Untuk kesempatan pertama, tidak tanggung-tanggung Ketua Komisi X (Pendidikan) DPR RI Prof Dr Irwan Prayitno, Ketua DPW PKS Sumbar Trinda Farhan Satria ST MT dan dr Fachrul Rozi MM AA Ak. “Kita akan mengadakan acara ini minimal 1 bulan sekali,A” tegas Budiman.(*)

2 thoughts on “Ambisi PKS Kuasai Padang

  1. Alhamdulillah, Kemenangan yang diperoleh olah PKS dan PAN adalah cermin dari tingkat keimanan masyarakat kota padang masih tinggi. Marilah kita jaga dan kita pertahankan apa yang telah diperoleh saat ini (memenangkan pilkada kota padang) untuk mencapai sasaran 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s