SIPASAN ’08 Dihelat di Tepi Danau Maninjau

HARI ini 7 Oktober, Danau Maninjau di Kabupaten Agam akan bernuansa berbeda. Lebaran kali ini, danau yang dikelilingi bukit itu akan menjadi tempat berkumpulnya perantau Agam se Indonesia. Selama 3 hari, 7 hingga 9 Oktober para perantau itu akan melakukan pertemuan untuk mendapatkan kesimpulan, apa yang harus diperbuat untuk kabupaten harimau merah ini.

Acara yang sempat terundur 3 bulan itu disebut dengan SIPASAN ’08 atau akronim dari Silaturrahmi Perantau Agam se Nusantara Tahun 2008. Ketua Panitia H Bachtiar Kahar Dt Barbangso menyebutkan, acara yang digelar di Komplek SMAN Agam Cendekia Muko-muko Kecamatan Tanjung Raya itu adalah ajang pertemuan perdana dan diharapkan menjadi agenda tahunan.

“Kita telah mendapatkan konfirmasi lebih dari 200 perantau yang akan memeriahkan acara,” ujar Bachtiar didampingi sekretaris H Asri Adnan dan panitia lainnya sat jumpa pers akhir pekan lalu di sekretariat Panitia SIPASAN ’08 Jalan Khatib Sulaiman No 27 Padang. “Kami memgharapkan kedatangan para perantau dapat memberikan pencerahan bagi kampung halaman.”

Dijadwalkan, SIPASAN ’08 akan dibuka Rang Maninjau yang menjabat Mentri Sosial RI H Bactiar Chamsah Dt Marajo Nan Sati yang juga akan bertindak sebagai key note speaker. Selain itu, Gubernur Sumbar H Gamawan Fauzi SH MM Dt Rajo Nan Sati, Bupati Agam H Aristo Munandar dan Ketua Umum DPP Ikatan Perantau Agam Brigjend (purn) H Gustiar Agoes juga akan hadir sebagai pembicara.

Asri Adnan menambahkan, SIPASAN ’08 bertujuan untuk meningkatkan (optimalisasi) fungsi dan peran perantau Agam untuk lebih maksimal berkontribusi membangun kampung halaman secara lebih terarah. “Justru itu, tema acara adalah Optimalisasi Peranan Perantau, Terwujudnya Agam Mandiri yang Berprestasi yang Madani,” ujar Asri lagi.

Selain itu, SIPASAN ’08 juga membuat semacam moto yaitu “Padamu Negeri, Kami Bangun Nagari”. “Kita akan menfokuskan acara untuk membedah tiga hal utama yang menjadi masalah di Agam, yaitu ekomoni dan pengentasan kemiskinan, sosial dan pendidikan serta bidang kelembagaan. Khusus yang ketiga, kita belum akan membentuk satu organisi baru yang menyeragamkan, karena keberagaman organisasi perantau agam di Indonesia,” tukas Asri.(*)

One thought on “SIPASAN ’08 Dihelat di Tepi Danau Maninjau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s