Angin Puting Beliung Ancam Padang

Pancaroba Musim Sedang Terjadi

Puting BeliungPerubahan musim yang terjadi saat ini diprediksi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) menimbulkan bencana di Sumbar. Beberapa kemungkinan yang dapat terjadi adalah, gelombang pasang, badai hingga perubahan cuaca yang tidak stabil dan mengakibatkan banjir. Karena itu, masyarakat diminta terus waspada.

“Kondisi ini tidak hanya terjadi di Pulau Sumatera saja, tapi juga di Pulau Jawa,” ujar Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Padang Panjang Sumarso, Senin (13/10) di gedung DPRD Padang saat memberikan pengarahan tentang tanggap bencana bagi aparatur pemerintahan di kantor DPRD Padang. Menurut Sumarso, masa peralihan musim (pancaroba) ini sangat rentan terjadi gelombang pasang dan badai di Samudra Hindia.

Katanya, cuaca di Sumatera sangat terpengaruh dengan perubahan musinm di berbagai kawasan. Seperti perubahan musim yang sedang terjadi di kawasan Jawa saat ini. “Kemungkinan, angin kencang sangat berpotensi terjadi dalam dua minggu ke depan. Bahkan berdasarkan data yang dimiliki BMG, kemungkinan puting beliung juga ada,” ungkap Sumarso usai.


Guna mencegah atau mengantisipasi hal tersebut, Sumarso mengimbau masyarakat dan pemerintah selalu waspada saat cuaca mendung, awan gelap, dan udara sangat dingin. Hal itu merupakan salah satu tanda akan terjadi puting beliung. Jadi, bagi masyarakat harus benar-benar siap siaga dimanapun berada.

“Pemerintah daerah, khususnya dinas terkait seperti Dinas Kebersihan, Dinas Kimpraswil dan Satkorlak, harus benar-benar mengoptimalkan potensi yang ada,” lanjut Sumarso di hadapan aparatur negara. “Seperti pemeliharaan bagi pohon-pohon yang sudah tua, jika memang tak mungkin dipertahankan, lebih baik dipotong saja. Namun harus benar-benar melalui kajian tebang pilih, di samping mempersiapkan sarana penanggulangan bencana.”

Sekretaris Komisi C Jamasri mengatakan, penebangan pohon yang usianya uzur, memang harus cepat dilakukan. Sebab, belakangan ini khusus di Kota Padang kerap terjadi pohon tumbang, jika angin kencang berhembus. “DKP harus tanggap, dengan menginventarisir pohon yang tak layak dipertahankan, dan menggantinya dengan pohon yang masih kokoh,” jelas Jamasri.(*)

One thought on “Angin Puting Beliung Ancam Padang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s