Selangkah Lagi PKS

Syukuran Fauzi Bahar MahyeldiSIAPAPUN yang melihat langsung proses Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu KDH) Kota Padang berjalan, pasti sepakat dengan apa yang saya sampaikan. Kemenangan Drs H Fauzi Bahar MSi dan H Mahyeldi Ansharullah SP adalah kemenangan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Partai dakwah itu benar-benar mampu menyatu dengan pilihan rakyat badarai.

Apa yang telah digembar-gemborkan dengan percaya diri (PD) oleh beberapa petinggi PKS Padang selama ini terbukti. Ketua DPD PKS Padang Budiman SAg pernah menargetkan kemenangan lebih dari 50 persen di Pemilu KDH ini. Kenyataannya — meski hasil resmi dari KPU belum direlis, mereka telah memenangkan hati lebih dari warga kota yang sadar politik.

Lihatlah, bagaimana kader-kader partai ini menyebar ke pelosok kota untuk menjelaskan seluruh program-program mereka. Dengarkanlan lantunan suara orang-orang muda itu “berda’wah” langsung di hadapan orang-orang yang sebelumnya tidak mengerti, apa gunanya memilih. Meski pemilihan bersaudara ini hanya diikuti oleh 60 persen pemilih, tapi sudah cukup untuk pembuktian.

Tidak sampai disitu saja. PKS telah membuktikan, kalau mereka benar-benar mampu menjadi satu gerakan politik berbalut dakwah yang kuat. Tak ada pendukung pasangan calon lain — termasuk pasangan koalisinya sendiri — yang mampu bergerak sedemikian hebat. Menusuk kantong-kantong suara lawan politik dengan bijak. Soal pilihan, itu hasil belakangan.

Selama masa kampanye, ribuan kader PKS adalah yang paling konsisten meramaikan sosialisasi program pasangan Fauzi-Mahyeldi. Tidak ada kampanye pasangan ini yang sepi dari serbuan massa. Inilah sebuah pertunjukan dari panggung politik yang benar-benar memukau. Fauzi-Mahyeldi pantas menang, PKS pantas merayakan kemenangan ini dengan cara mereka sendiri.

Saat hari pencoblosan 23 Oktober tiba, seluruh TPS yang ada di Kota Padang disesaki oleh kader PKS. Mereka telah mengisi bangku tengah dari 5 bangku saksi yang disiapkan KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara). Dengan cermat, kader pria ataupun wanita partai itu menjadi sangat kritis terhadap petugas yang ada di TPS. Sementara, saksi pasangan calon lain kadang tidak muncul di TPS.

Beberapa saat setelah penghitungan suara selesai Pukul 14.00 WIB, seluruh saksi telah melaporkan hasil “kesaksian” mereka di TPS masing-masing. Pengumpulan suara sudah mulai dilakukan di Sekretariat DPD PKS Padang Jalan Jati II. Tidak lama, sekitar pukul 15.30 WIB wajah Fauzi dan Mahyeldi mulai cerah. Di lebih dari setengah TPS mereka unggul.

Waktu setelah pencoblosan itu adalah pembuktian lain, kalau PKS benar-benar partai solid. Mereka mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan penghitungan cepat (quick count) sendiri. Mereka menyebutkan real count — karena diambil dari 100 persen TPS oleh saksi-saksi yang dapat dipercaya. Bagaimana kemenangan itu diraih, adalah sebuah kerjasama, kepercayaan, disiplin, kepintaran dan tawakkal jua.

Tapi, saya masih memegang kata-kata Budiman (ketua PKS, red) yang sempat saya rekam, catat dan terbitkan pada Harian POSMETRO PADANG Minggu 14 September 2008 dengan judul “Ambisi PKS Kuasai Padang”. Partai yang berakar dari aktifis dakwah kampus (ADK) tahun 1990-an ini menargetkan memenangkan Pemilu KDH Padang dengan raihan 50 persen suara dan Pemilu 2009 dengan jumlah yang sama.

Menarik diikuti. Setelah sukses memenangkan Pemilu KDH dengan total suara yang diinginkan, bagaimana strategi mereka mendapatkan 22 dari 45 kursi DPRD Kota Padang. Dengan konsistensi seperti itu, saya yakin, selangkah lagi PKS benar-benar menguasi Kota Padang. Lantas, bagaimanakah kota ini setelah “dikuasi” oleh orang-orang yang sangat memegang teguh dakwan siyasah ini? Lihatlah episode mereka selanjutnya.

Merunut kepada hasil Pemilu terakhir (2004), PKS berhasil memuncaki perolehan suara di Kota Padang dengan menggeser Partai Amanat Nasional (PAN). Saat itu mereka baru “menguasi” 11 kursi atau 24 persen saja. Apakah Pada Pemilu 2009, dengan memasang 54 orang Bacaleg di 5 daerah pemilihan (Dapil) DPRD Padang mereka mampu menang 50 persen juga, kita tunggu.

Tulisan ini bukanlah memuji sebuah partai politik (Parpol) dan mengesampingkan “heroiknya” pasangan calon yang diusung. Seorang Fauzi Bahar memang “hebat” dengan program-programnya yang bernilai tinggi. Tapi, tanpa PKS, dia tidak akan mampu meraup suara yang sangat memuaskan ini. Sekarang, bagaimana PKS mampu bergandengan tangan dengan Fauzi mengurus Kota Padang kedepan. Percayakan kepada Mahyeldi untuk memulai karirnya sebagai “pendamping” sang Mayor.(*)

4 thoughts on “Selangkah Lagi PKS

  1. ANDA terlalu memihak kepada salah satu partai. ITU jelas terlihat dari tulisan Anda dari awal sampai akhir…
    Betapa ‘hebatnya” PKS itu, begitu kata Anda…
    Tapi saya tahu, Anda pasti mengetahui sejelas-jelasnya…
    Mari xt saksikan apakah kader PKS ini bisa unjuk gigi saat berdampingan dengan sang Mayor???
    Apakah, nasibnya akan sama dengan pendamping sang Mayor sebelumnya???
    Mari xt lihat…

    Revi -> Ah uni. Koq githu seh. Tapi, tetap saja PKS itu hebat. Meski tidak (lagi) berada di dalamnya, vi masih selalu setia memantau perkembangan partai ini. Kalau melenceng, akan ada pedang untuk meluruskan mereka.

  2. renimaldini berkata:

    Mana sanggup pedang dirimu, melawan pedang sang mayor…
    Pedang dirimu kan pedang-pedangan,, nah kalo dia mah bukan pedang lagi tapi sudah Samurai.. Malah gosip terbaru sang mayor sudah mencuri samurai milik KENSHIN….
    Nah, mau dilawan dengan apa???
    Awasnya kalo tidak… Coba aja kalo 6 JANJI yang sudah diumbar kepada warga tidak direalisasikan..
    Tak tonjok dirimu annti…

  3. rini berkata:

    yang seharusnya ditonjok ya pasangan tsb ren, coz kan mrk yang buat janji.
    depend on me kemenangan kali ini merupakan kemenangan atas kerja keras, strategi, keuletan dan juga harapan pada Yang Kuasa, bahwa Ia adalah penentu segalanya. siapapun bisa meraihnya……………….

  4. IKHSAN berkata:

    waktu akan membuktikan semua janji2 mereka semua dalam pilkada lalu,dan ingat semua janji itu akan di catat oleh malaikat dan akan di pertanggung jawabkan kelak pada saatnya tiba. kesehatan gratis,uang sekolah gratis,pembenahan terminal, Dll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s