Otonomi Perlu Diawasi

Bentuk Badan Independen

SEPULUH tahun diterapkan, otonomi daerah di Indonesia seperti bola liar yang tak dapat dikendalikan. Untuk itu, perlu sebuah badan otonom (independen) yang harus mengawasi “gerakan” otonomi tersebut.

“Ini harus dipikirkan oleh Depertemen Dalam Negeri (Depdagri) ke depan. Biar kabupaten dan kota tak semena-mena menjalankan laju otonomi ini,” ujar mantan Bupati Tanahdata Drs Masriadi Martunus MSi, saat berbincang dengan POSMETRO, kemarin.

Pria yang mendapatkan penghargaan Otonomi Award dari Depdagri atas kesuksesannya menjadi bupati, 2005 ini mengusulkan, badan itu secepatnya dibentuk di tingkat provinsi dan pusat. “Biar otonomi ini berjalan seperti yang diharapkan,” terang pengusaha sukses di Jakarta ini.

Katanya, sejak bergulirnya otonomi daerah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 dan diperbaiki dengan UU 34 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, guliran otonomi sepertinya benar-benar bertumpu pada bupati dan wali kota yang memimpin kabupaten/kota. Bahkan, fungsih koordinasi yang digenggam provinsi, sepertinya tak ada lagi.

“Inilah yang harus dikaji. Bagaimana pemerintahan di Indonesia yang sebenarnya telah mengacu pada di desentralisasi ini benar-benar dapat memakmurkan rakyat. Bukan malah sebaliknya, masyarakat kiat sulit, karena segala sesuatunya ditanggung oleh kabupaten/kota,” tandas Masriadi yang pernah melakukan sistem kontrak jabatan kepada pejabat eselon II dan III dalam bekerja di Tanahdata.

Saat ini terlihat, sistem otonomi yang menganut paham desentralisasi ini masih digunakan sebagian. Banyak contoh, katanya, pemda dan pemko masih juga bergantung pada pemerintah pusat dalam beberapa hal. “Tapi, mereka (bupati/wali kota) malah menjadi raja dalam hal lain. Ini kan aneh,” tegasnya.

Karena itu, Masriadi melihat, ke depan, badan independen pengawas otonomi daerah ini, dapat melakukan pengawasan, sampai di mana keberhasilan daerah dalam mengelola otonomi. “Bisa juga dibentuk dalam perwujudan komisi pemantau otonomi,” terang kandidat doktor Ilmu Pemerintahan ini. (rvi)

One thought on “Otonomi Perlu Diawasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s