Bank Nagari-Bernas Jelang HUT Emas

12 Maret 2012, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumbar, atau Bank Nagari genap berusia 50 tahun. Jelang hari ulang tahun (HUT) emas itu, pada tahun 2011 beragam prestasi telah ditorehkan, dan pertumbuhan yang sangat menggembirakan. Bermacam perhargaan didapat, bukti pengakuan tingkat nasional, akan bernasnya Bank Nagari.

Menutup tahun 2011 lalu, setidaknya, tidak ada cacat yang terjadi di laporan keuangan perbankan milik masyarakat Sumbar ini. Selain itu, Bank Nagari tidak lupa membagi kebahagiaan dengan menyalurkan sebagaian keuntungan langsung kepada masyarakat, dalam bentuk santunan dan beasiswa pendidikan mencapai Rp2,6 miliar.

“Sebagai bank milik masyarakat dan pemerintah Sumbar, kami akan terus menggerakkan ekonomi masyarakat, dan membantu segala keperluan masyarakat, dalam bentuk CSR (corporat social responsibility). Karena, itulah tujuan utama bank ini didirikan 50 tahun silam,” sebut Direktur Utama Bank Nagari, Suryadi Asmi, dalam keterangan persnya untuk ekspose kinerja 2011.

Satu hal yang membanggakan jelang HUT emas itu adalah, terjadinya pertumbuhan penyaluran kredit atau pinjaman ke masyarakat mencapai 29,46 persen. Artinya, Bank Nagari telah benar-benar mampu memberikan jaminan permodalan bagi masyarakat Sumbar, untuk mengembangkan usaha – menggerakkan ekonomi.

Suryadi Asmi menyebutkan, sepanjang 2010, kredit yang disalurkan hanya Rp7,116 triliun. Namun pada tahun lalu sudah mencapai Rp9,212 triliun. “Capaian ini jauh melampaui target kita, Rp8,804 triliun atau tercapai 104,64 persen. Semoga di tahun ini (2012), kita akan terus tumbuh,” sebut Suryadi.

Bicara aset, Suryadi menyebutkan, per 31 Desember 2011 mencapai Rp12,967 triliun. Melampaui target 2011 yang hanya Rp12,587 triliun, atau tercapai 103,2 persen. Dibandingkan 2010, aset tersebut mengalami peningkatan mencapai 25,81 persen, karena sebelumnya hanya berada pada angka Rp10,307 triliun.

“Tahun lalu memang tahun yang baik bagi Bank Nagari, bahkan sukses mencapai target yang direncanakan dan dibebankan. Sepanjang 2011 lalu, kita berhasil mencatatkan laba sebesar Rp246 miliar,” kata Suryadi didampingi Direktur Pemasaran Indra Wediana, Direktur Umum Syamsir Alam, Direktur Kepatuhan Syaiful Bahri, dan Humas Bank Nagari, Idrianis.

Disinggung mengenai dana pihak ketiga (DPK), Suryadi menyebutkan, terjadi kenaikan mencapai 19,19 persen dari tahun sebelumnya. Bank Nagari mencatat, DPK 2011 sebesar Rp10,047 triliun, lebih dari target Rp9,996 triliun, atau capaian 100,52 persen. Sementara tahun 2010, DPK hanya Rp8,429 persen.

Jika dirinci, DPK dari segi giro mencapai angka Rp2,407 triliun, jauh melampaui angka 2010 yang hanya Rp1,927 triliun. Namun, dari segi target 2011 yang dibebankan Rp2,706, capaian hanya 88,94 persen. Berbeda, hasil melampaui target terjadi pda tabungan dan deposito Bank Nagari.

Khusus tabungan, mampu mecapai target 104,5 persen dengan angka Rp2,787 triliun dari target Rp2,667 triliun 2011. Angka itu jauh bertumbuh dibandingkan 2010 yang hanya Rp2,510 triliun, atau terjadi pertumbuhan sebesar 11.04 persen.

Sementara untuk nilai deposito yang ditanamkan pihak ketiga mencapai Rp4,851 triliun, atau melampaui target 2011 yang hanya Rp4,620 triliun atau tercapai 105 persen. “Angka ini jauh lebih tinggi dari 2010 yang hanya Rp4,620 triliun, atau terjadi pertumbuhan deposito Bank Nagari mencapai 21,56 persen,” sebut Indra Wediana.

Peduli

Kata Suryadi, sepanjang 2011 lalu, beragam bantuan pendidikan telah diberikan, seperti beasiswa melalui provinsi, kabupaten dan kota senilai Rp2,5 miliar atau Rp130 juta perdaerah. Juga menyalurkan beasiswa untuk mahasiswa Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP), STIKES Dharmasraya, bantuan pendidikan kurang mampu, dan bantuan program sekolah bekerja sama dengan PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat).

“Bantuan sosial yang diberikan berupa pembangunan rumah bersama TNI Manunggal membangun desa di beberapa daerah, melakukan pengecatan Jam Gadang di Bukittingi, memberikan bantuan untuk panti asuhan dan anak yatim, serta bantuan untuk RSUD Solok Selatan,” kata Suryadi.

Di bidang keagamaan juga diberikan bantuan untuk masjid dan mushalla, serta membantu peringatan hari besar agam Islam di berbagai daerah. Saat bencana alam datang, Bank Nagari juga tampil memberikan untuk korban banjir bandang di Pesisir Selatan, dan korban banjir di Pasaman Barat.

“Tak lupa, peran Bank Nagari melakukan pembinaan perbankan. Seperti memberikan mesin hitung dan kendaraan untuk Badan Layanan Usaha (BLU) Unand, membuat satu mini bank di Universitas Bung Hatta (UBH), memberikan 6 unit computer kepada DPKD Sumbar, pengecatan gapura di Simpangempat Pasbar, lima komputer untuk STIQ, 1 mobil operasioal pada M Djamil,” katanya.

Terima Reward

 

Sepanjang 2011, Bank Nagari menorehkan beragam penghargaan di tingkat lokal dan nasional. Bahkan, Bank Nagari mulai disebut-sebut sebagai BPD nomor satu di Indonesia, apalagi dalam kinerja membina koperasi dengan menggondol penghargaan, sebagai Bank Daerah Penggerak Kewirausahaan Terbaik juga diberikan Menteri Negara Koperasi dan UMKM, Dr Sjarifuddin Hasan, MM, MBA, 2 Januari lalu.

Di akhir Januari 2011, kembali Bank Nagari bersama Gubernur Sumbar

Irwan Prayitno terpilih menjadi pemenang penghargaan BUMD dan CEO BUMD Award yang diselenggarakan oleh Majalah Bussiness Review di Ballroom Le Meredien Hotel Jakarta.

Dari sisi syariah, pengakuan juga datang dari KARIM Bussines Consulting yang memberikan predikat terbaik pada ajang Islamic Finance Award & Cup 2011 (IFAC 2011) di Jakarta pada Bank Nagari. Tak tanggung-tanggung, Bank Nagari menyisihkan seluruh BPD di Indonesia dengan memborong 5 penghargaan pada November 2011. (reviandi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s