DPRD Padang Tolak Pembangunan Gedung Baru

APBD 2013 Defisit Rp88,7 M

DPRD Padang menolak rencana pembangunan kantor baru DPRD Padang yang diajukan Pemko Padang senilai Rp105 miliar, pada APBD 2013 mendatang. Ketua DPRD Padang Zulherman menyebutkan, rencana itu dianggap belum terlalu penting, mengingat terbatasnya anggaran, dan tingginya kebutuhan pembangunan di Padang.

Ketua Fraksi Partai Golkar Jumadi, dalam paripurna penyampaian pandangan akhir fraksi-fraksi DPRD terhadap KUAPPAS APBD 2013 dan Rencana Pembangunan Gedung DPRD Padang Tahun Jamak, Senin (29/10) menyebut, Golkar tidak melihat artinya pentingnya pembangunan gedung tersebut.

“Kami melihat, Gedung DPRD, tidak mengalami kerusakan dan cukup aman. Karena itu, belum mendesak untuk dibangun baru. Hal ini berbanding terbalik dengan gedung pemerintahan Padang yang rusak dan mendesak untuk dibangun,” katanya.

Sebaiknya, kata Jumadi, anggota DPRD masih bisa maksimal bekerja di lokasi saat ini. Kebutuhan, pembangunan infrastruktur masih tinggi dan banyak kantor kelurahan yang tidak layak, jamkesmas tak merata. “Lebih baik, anggaran itu dialihkan ke anggaran yang lebih penting,” katanya.

Juru bicara Fraksi PPBB Maidestal Hari Mahesa menyebutkan, pembangunan Kantor DPRD multiyers 2013 dan 2014 ini belum penting, karena masih banyak infrastruktur yg bersifat segera. “Seperti, drainase yang rusak dan kota jadi langganan banjir. Sungai yang rusak dan ancam pertanian. Jalan lingkungan yang belum kunjung membaik. Kami tidak melihat, sejauh mana urgensinya pembangunan gedung baru ini,” katanya.

Jubir Fraksi Demokrat Jon Roza Syaukani menyebutkan, sebaiknya pemko melakukan pertimbangan yang lebih matang, dan menunda pembangunan gedung baru tersebut. Demokrat menilai, gedung baru, harusnya dikerjakan setelah dikaji matang, dan tidak dipaksakan saat ini.

Perwakilan Fraksi Partai Hanura Zaharman mengatakan, anggaran itu sebaiknya dialihkan ke anggaran ke-PU-an dan kelurahan. Karena, saat ini, perbaikan infrastruktur sangat diperlukan.

Menariknya, Fraksi PAN yang langsung dibacakan Ketua Fraksi Joni Ismed menyebut, pembangunan gedung baru, harus melalui kajian yang matang. “Kami ingin, pembangunan ini kembali dikaji, sebelum dikembalikan dianggarkan di tahun-tahun mendatang,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Padang Fauzi Bahar yang datang terlambat dalam paripurna, sedikit menyiggung penolakan anggota dewan tersebut. Menurutnya, jika itu sudah merupakan keputusan bersama, artinya sudah menjadi buah pikiran, dan kajian bersama juga. “Kami berharap, apa yang kita kerjakan, menjadi catatan kebaikan, dan atas ridho Allah SWT,” katanya

KUA PPAS Sah

Berbeda dengan persoalan pembangunan gedung baru, untuk KUA dan PPAS APBD 2013, seluruh fraksi DPRD setuju. Artinya, rencana APBD senilai Rp1,627 triliun sudah siap dibahas. APBD meningkat dibanding 2012 yang hanya Rp1,451 triliun, atau naik Rp176 miliar (12,4 persen).

“APBD Padang 2013, kita yakini mengalami defisit. Karena, belanja daerah mencapai Rp1,715 triliun, terdiri dari belanja tidak langsung, Rp1,123 triliun (65 persen), belanja langsung 592 (35 persen). Sementara pendapatan hanya Rp1,627 triliun, atau terjadi defisit sebesar Rp88,7 miliar. Hal ini akan ditutupi pembiayaan nantinya,” katanya.

Wako berharap, pembahasan APBD tidak dilakukan terlalu lama, dan pemko dalam menyusun draf yang dijadwalkan akan diseampaikan 2 November, akan mengikutsertakan masukan dari fraksi yang akan dievaluasi. “Kami berharap, APBD kita pada minggu ketiga November, disahkan. Kita memiliki target, menjadi nomor dua atau tiga tercepat di Sumbar,” katanya.

Menyambung hal itu, Ketua DPRD Zulherman menyebutkan, DPRD juga sudah memiliki kesepakatan, untuk melakukan pembahasan APBD 2013 segera. “Kami juga sudah menyepakati, akan menggelar sidang paripurna penetapan APBD 2013 pada 19 November mendatang,” katanya. (rvi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s