Anggaran Pembangunan Padang Minim

Hermen: PU Butuh Rp3 Triliun

ANGGARAN pembangunan Kota Padang, masih jauh panggang dari api. Lihat saja, betapa minimnya anggaran yang dialokasikan untuk Dinas Pekerjaan Umum (DPU) pada APBD 2013. Dalam KUA PPAS, DPU hanya mendapatkan anggaran Rp226,9 miliar untuk seluruh kegiatan.

Padahal, kata Kepala DPU Hermen Peri, untuk mengakomodir usulan pembangunan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) saja, setidaknya dibutuhkan Rp1,02 triliun. Namun, karena terbatasnya anggaran, sangat usulan pembangunan yang akhirnya harus terpangkas atau tertunda.

“Berdasarkan kebutuhan DPU, kami mengusulkan anggaran Rp259,4 miliar. Jumlah itu, jauh meningkat dibanding anggaran 2012 sebesar Rp160,3 miliar,” kata Hermen Peri, saat melakukan pembahasan RAPBD 2013 dengan Komisi III DPRD Padang, yang dipimpin ketua komisi Jumadi.

Ditantang sejumlah anggota dewan untuk menuntaskan persoalan jalan lingkungan, drainase, dan beberapa kebutuhan masyarakat lainnya, Hermen Peri menyebut, membutuhkan dana Rp3 triliun. Namun, karena keterbatasan anggaran, mereka terpaksa membuat skala prioritas yang telah disepakati bersama.Dari rencana kerja (renja) DPU yang diusulkan terungkap, program pembangunan jalan dan jembatan mencapai Rp46,4 miliar, pemeliharaan jalan dan jembatan (Rp38,6 miliar), pengembangan irigasi, rawa dan jaringan pengairan (Rp9,9 miliar), pengelolaan dan konservasi sungai danau dan sumber daya air (Rp10,1 miliar), Pengembangan perumahan (Rp115 miliar), program lingkungan sehat perumahan (Rp6,1 miliar).

Anggota Komisi III Hadison menyebutkan, anggaran ke-PU-an Padang memang sangat terbatas, dengan kebutuhan yang sangat tinggi. Karena itu, dalam pembahasan, komisi pembangunan ini akan sangat selektif untuk menurunkan anggaran.

“Khusus dana Rp40 miliar yang ada di DPU untuk pembangunan Gedung DPRD, kami yakini tidak akan beralih tempat ke SKPD lain. Banyak program PU yang bisa menyentuh langsung kepada masyarakat, terutama jalan lingkungan dan drainase. Jadi, akan kembali disalurkan untuk PU,” kata ketua DPRD Padang 2004-2009 ini.

Anggota Komisi III Syamsu Sulin berharap, DPU kembali mendata berapa data panjang jalan, provinsi, kota dan lainnya yang ada di Kota Padang. Karena, semuanya tergantung database yang ada, dan bagaimana cara mengembangkannya.

Anggota komisi III lainnya, Irwan Fikri berharap, DPU tidak terlalu berharap kepada provinsi dan pusat untuk penanggulangan bencana, terkait peralatan dan operasional. Namun, juga memiliki tim dan alat yang cukup, agar bisa bertindak cepat, untuk korban bencana alam.
Drainase, butuh dana besar. (rvi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s