Yultekhnil Legowo untuk Andre Rosiade

Jika Survei Lebih Rendah

GambarSESAMA alumni SMAN 2 Padang, Yultekhnil dan Andre Rosiade saling mengagumi satu sama lain. Yultekhnil yang saat ini menjadi ketua DPRD Sumbar, mengaku kagum dengan kebolehan Andre mengelola bisnis, meski berusia masih sangat muda. Sementara, Andre Rosiade menyebut, Yultekhnil sebagai politisi yang memiliki pengaruh besar di Sumbar.

Sayang, keduanya kini digadang-gadang akan “bersaing” dalam pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Padang 2013. Sebagai kader Partai Demokrat, Yultekhnil tentu memiliki peluang besar, menjadi kandidat calon wali kota dari satu-satunya partai yang bisa mengusung sepasang calon kepala daerah, karena jauh melebihi persyaratan 15 persen kursi di DPRD Padang.

Saat bersilahturahim beberapa waktu lalu, Yultekhnil menyebut, Partai Demokrat adalah partai terbuka dan tidak serta-merta mementingkan kadernya untuk diusung dalam pemilukada di manapun. Sebagai partai yang saat ini menguasai pemerintahan Indonesia, katanya, Partai Demokrat juga membuka peluang kepada para putra terbaik bangsa, untuk diusung.

“Demokrat ingin memenangkan Pemilukada Padang. Jadi, kami tidak memaksakan kader sendiri untuk maju. Sebelum menentukan, tentunya partai akan melihat hasil survei tingkat popularitas dan elektabilitas (keterpilihan) seluruh calon yang mengapung. Jika kader di luar Demokrat lebih unggul, kenapa tidak mendukungnya,” kata Yultekhnil yang juga mantan ketua DPC Partai Demokrat Padang ini.

Yultekhnil yang diakui sebagai pendiri Partai Demokrat di Sumbar ini mengakui, sepak terjang Andre Rosiade selama ini cukup mengembirakan. Sebagai orang yang selama ini belum dikenal, Andre disebutnya, sudah memiliki tempat tersendiri di tengah-tengah masyarakat. Semua itu, tentu berkat kerja keras dan keinginan Andre menyampaikan gagasan perubahan pada masyarakat.

“Mungkin, saat ini, nama Andre dan wajahnya tidak asing lagi bagi warga kota, bahkan Sumbar. Karena, gencarnya di bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat, baik melalui baliho, media massa, dan kegiatan yang terjun langsung ke masyarakat,” sebut putra asli Kotoanau, Kabupaten Solok ini.

Jadi, sebut ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Padang 2004-2009 ini, Andre Rosiade memiliki peluang besar untuk diusung Partai Demokrat, jika hasil surveinya tinggi baik sebagai bakal calon wali kota atau wakil wali kota. Dengan jantan, Yultekhnil menyebut akan mendukung Andre, jika hasil survei kelak lebih berpihak kepada pengusaha muda tersebut.

“Dalam berpolitik, kita harus jantan dan mau mengakui pihak manapun yang unggul. Andre, saya rasa juga seperti itu. Jika nantinya ada yang lebih unggul, jangan begitu saja meninggalkan Padang. Kalau perlu, konsep pembangunan yang ada, coba digabung dengan siapapun yang dipercaya rakyat nantinya,” kata Yultekhnil yang juga mantan Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumbar era kepemimpinan Djufri.

Menurut Yultekhnil, pemimpin Padang ke depan, haruslah orang-orang muda yang memiliki visi dan misi yang kuat dan kreatif serta tegas. Jadi, para pengusaha seperti Andre, katanya, tentunya memiliki semua kemampuan untuk memimpin kota, yang saat ini sedang dilanda banyak cobaan. Dia berharap, Andre, dan siapapun yang menyatakan keinginan untuk maju, jangan setengah-setengah.

“Mari, kita saling menunjukkan komitmen dan kemampuan, untuk memimpin kota ini di masa depan. Jadi, pemilukada bukanlah ajang untuk bermusuhan, tapi saling bergandeng tangan untuk membangun kota menjadi lebih baik,” sebut Yultekhnil yang menjadi pemilik suara pribadi terbanyak dari 55 anggota DPRD Sumbar pada Pemilu 2009 itu.

Sementara itu, Andre Rosiade menyebutkan, sebagai junior di SMA 2 Padang, sudah sewajarnya dia mendatangi Yultekhnil yang saat ini memegang nomor polisi BA 2 itu. Dia berharap, dengan terus mendekatkan diri kepada para tokoh-tokoh Sumbar, terus membuka cakrawala berpikir, untuk terus mendambah ilmu dan pemikiran untuk mengembangkan Padang.

“Saya memanggilnya (Yultekhnil) senior, karena memang dia sama alumi di SMA. Meski kami disebut sebagai saingan pada pilkada, itu bukanlah alasan untuk tidak bersilaturahim. Siapapun nantinya yang akan dipilih rakyat, tentu akan didukung bersama-sama. Yang penting, kita siap berjuang dengan sportivitas tinggi,” kata Andre yang disebut-sebut, sudah masuk dalam “lirikan” Partai Demokrat menuju kursi BA 1 A ini.

Sebenarnya, selain Yultekhnil dan Andre Rosiade, masih ada dua alumni SMAN 2 Padang lainnya yang diprediksi akan meramaikan bursa pencalonan kepala daerah. Mereka adalah, Direktur Utama PT Igasar Desri Ayunda, dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Firdaus Ilyas. Yang jelas, siapapun yang nantinya maju, tentu akan membuat “pusing” para alumni, guru, dan siswa SMA yang berlokasi di Kawasan GOR H Agus Salim Padang itu. (rvi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s