Sungailareh Minta Trayek Angkot

Sungailareh Minta Trayek Angkot
SAWAHAN, METRO
Meski berada di dalam kota, ternyata masih ada masyarakat yang belum menikmati akses transportasi. Di pngContohnya, warga yang bermukim di beberapa perumahan di Kelurahan Sungailareh Kecamatan Kototangah. Sampai hari ini, mereka belum mendapatkan jalur angkutan umum.
Syahrial, warga Sungailareh di DPRD Padang mengaku prihatin dengan kondisi itu. Menurutnya, di lokasi itu juga ada perumahan pemda. Sehingga, anak-anak yang bersekolah jadi terganggu. Tak jarang, mereka juga terlambat masuk sekolah. Karena, sulit mendapatkan ojek, atau tumpangan lainnya.
“Kalau mereka terlambat, tentu sangat merugikan pendidikan merek. Selain sering terlambat, anak-anak sekolah pun harus mengeluarkan biaya yang cukup besar jika mau berangkat ke sekolah. Naik ojek pergi rata-rata Rp3.000. Jadi kalau pulang pergi sudah Rp6.000 biaya transpor mereka sehari. Kalikan saja sebulan. Jadi ketiadaan angkot ini malah menjadikan biaya tinggi bagi anak sekolah,” katanya.
Ia berharap, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang untuk bisa mencarikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat. “Kami meminta kebijakan yang benar-benar bijak dari pemko,” katanya.
Anggota Komisi III DPRD Padang Jawardi meminta Dishub Padang untuk segera memikirkan jalur angkot dari dan ke Sungai Lareh itu. Menurutnya, jumlah penduduk di kawasan itu cukup banyak karena di sana terdapat beberapa kompleks perumahan.
“Kasihan kita melihat anak-anak sekolah harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, keselamatan mereka pun tak terjamin, misal jatuh mereka dari ojek dan sebagainya,” kata anggota dewan asal daerah pemilihan Padang II (Koto Tangah-Nanggalo) itu.
Kader PPP ini menyebut, jalan ke Kompleks Pemda di Sungailareh itu sudah cukup bagus, namun sangat disayangkan tidak ada angkot yang melayani jalur itu. “Kita harap Dishub bisa secepatnya memasukkan angkot ke kawasan itu demi masa depan anak-anak kita,” pungkasnya.
Kepala Dishub Padang Firdaus Ilyas menyebutkan, sampai saat ini memang belum ada trayek angkot ke Sungailareh. Namun, dia meminta kepada masyarakat, baik melalui LPM, tokoh masyarakat, agar mengajukan surat permohonan ke Dishub, sesuai dengan keinginan adanya jalur angkot karena telah banyaknya perumahan.
“Kami welcome saja. Ketika surat sudah masuk, kami akan berbicara dengan Organda dan pemilik PO angkot, untuk mencari jalan keluarnya. Karena, mereka yang memiliki angkot, dan dapat menyalurkan angkotnya ke trayek baru. Jadi, kami tunggu suratnya,” kata Firdaus. (rvi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s